Metastasis: Penyebaran Tumor di Luar Kepala ke dalam Otak

image
By admin On Rabu, Maret 24 th, 2021 · no Comments · In

Tumor otak metastasis otak merupakan suatu keganasan yang tergolong umum. Diperkirakan 150.000 hingga 200.000 orang didiagnosis dengan metastasis otak setiap tahun, dibandingkan dengan sekitar 17.000 diagnosis tumor otak primer. Jumlah diagnosis metastasis otak sebenarnya meningkat akhir-akhir ini. Banyak dokter percaya hal ini disebabkan oleh deteksi dini metastasis otak yang lebih baik, serta perawatan yang lebih baik untuk kanker primer. Hal ini membawa pada fokus baru pada pengobatan metastasis otak

Tumor otak metastasis (juga disebut tumor otak sekunder) disebabkan oleh sel kanker yang menyebar (bermetastasis) ke otak dari bagian tubuh yang berbeda. Sel kanker melepaskan diri dari tumor primer dan melakukan perjalanan ke otak, biasanya melalui aliran darah, kemudian umumnya menuju ke otak. Tumor otak metastase lima kali lebih umum daripada tumor otak primer (tumor yang berasal dari otak).Tumor otak metastase dapat tumbuh dengan cepat, menghancurkan jaringan otak di sekitarnya. Kadang-kadang seorang pasien mungkin memiliki beberapa tumor metastasis di beberapa area otak yang berbeda.

Jenis kanker yang paling umum yang menyebabkan tumor otak metastatik adalah kanker paru – paru, payudara, kulit, usus besar, ginjal dan kelenjar tiroid. Beberapa tumor otak metastase muncul bertahun-tahun setelah kanker primer. Yang lain bermetastasis begitu cepat sehingga mereka teridentifikasi sebelum kanker primer.

Selain gejala berikut, banyak pasien mungkin mengalami komplikasi tambahan yang disebabkan oleh tumor asli dan manifestasi terkaitnya. Tanda dan gejala yang kerap dijumpai yaitu sakit kepala, kejang, kelemahan pada lengan atau tungkai, hilang keseimbangan, gangguan bicara, serta gejala lainnya berupa  perubahan perilaku dan kepribadian, kabur penglihatan / gangguan penglihatan, mati rasa dan gangguan pendengaran. Tumor metastasis otak tidak biasanya didiagnosis sampai gejala muncul. Berikut adalah beberapa cara dokter dapat mendiagnosis tumor otak metastasis: pemeriksaan fisik, yaitu mengumpulkan informasi tentang gejala dan riwayat kesehatan pribadi dan keluarga Anda, dokter melanjutkan dengan pemeriksaan fisik dan tes penglihatan dan refleks, pemeriksaan fungsi saraf, dan pemeriksaan penunjang seperti CT Scan, MRI, ataupun pengambilan jaringan biopsy oleh ahli bedah. Penting untuk diketahui bahwa tumor otak yang bermetastasis seringkali dapat diobati dan dikendalikan dengan baik.

Banyak orang dengan tumor otak yang bermetastasis mengalami metastasis tumor yang meluas. Efektivitas pengobatan metastasis otak hampir selalu ditentukan oleh seberapa baik kanker primer dikendalikan. Dengan tidak adanya pengendalian kanker primer, pengobatan tumor otak yang bermetastasis akan menjadi usaha yang sia-sia. Faktor luaran pengobatan sangat bergantung pada status penyakit sistemik, tingkat kelemahan saraf, lamanya waktu antara diagnosis pertama kanker dan diagnosis metastasis otak, jenis tumor primer dan sifat, ukuran dan invasi metastasis dari tumor tersebut. Oleh karena itu, koordinasi dan komunikasi yang cermat antara ahli bedah saraf, ahli onkologi radiasi dan ahli onkologi primer sangat penting. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *