Kraniosinostosis: Penghambat Pertumbuhan Kepala Sang Anak

image
By admin On Kamis, Maret 25 th, 2021 · no Comments · In

Craniosynostosis adalah kondisi kelainan dari lahir ketika tulang-tulang di tengkorak bayi bergabung terlalu dini. Craniosynostosis sering terjadi dan terjadi pada 1 dari 2.200 kelahiran hidup. Hal ini terjadi sebelum otak bayi terbentuk sempurna. Saat otak bayi tumbuh, tengkorak bisa menjadi lebih buruk. Ruang antara tulang tengkorak bayi biasanya diisi dengan bahan fleksibel dan disebut sutura. Sutura ini memungkinkan tengkorak tumbuh seiring pertumbuhan otak bayi. Sekitar usia dua tahun, tulang tengkorak anak mulai bergabung karena suturanya telah menjadi tulang. Saat ini terjadi, sutura dikatakan “menutup”. Pada bayi dengan kraniosinostosis, satu atau lebih jahitan menutup terlalu dini. Ini bisa membatasi atau memperlambat pertumbuhan otak bayi.

Saat sutura menutup dan tulang tengkorak bergabung terlalu cepat, kepala bayi akan berhenti tumbuh hanya di bagian tengkorak tersebut. Di bagian tengkorak lain yang suturanya belum menyatu, kepala bayi akan terus membesar. Jika itu terjadi, tengkorak akan memiliki bentuk yang tidak normal, meskipun otak di dalam tengkorak telah membesar seperti biasanya. Namun, terkadang lebih dari satu sutura menutup terlalu dini. Dalam kasus ini, otak mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh ke ukuran biasanya. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan tekanan di dalam tengkorak.

Penting bagi anak dengan kraniosinostosis dan anggota keluarganya untuk diperiksa secara cermat untuk mengetahui tanda-tanda kelainan genetik yang diturunkan, seperti kelainan anggota tubuh, kelainan telinga, atau kelainan jantung. Pada bayi dengan kondisi ini, tanda yang paling umum adalah perubahan bentuk kepala dan wajah. Satu sisi wajah anak Anda mungkin terlihat sangat berbeda dari sisi lainnya. Kunci untuk mengobati kraniosinostosis adalah deteksi dan pengobatan dini. Pembedahan biasanya merupakan pengobatan yang dianjurkan, karena dapat mengurangi tekanan di kepala dan memperbaiki kelainan bentuk wajah dan tulang tengkorak. Secara umum waktu terbaik untuk operasi adalah sebelum anak berumur 1 tahun, karena tulang masih sangat lunak dan mudah digerakkan. Jika kondisi anak Anda sangat buruk, dokter mungkin merekomendasikan pembedahan sedini mungkin pada usia 1 bulan. Sebelum operasi, dokter anak Anda yang akan menjelaskan operasi akan menilai foto radiologi anak Anda yang pernah menjalani operasi serupa sebelum dan sesudah operasi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *